Progressio, Kemda Pertama SIT Jatim

Pramuka SIT (Sekolah Islam Terpadu) lahir sebagai upaya ikut membangun bangsa dalam bentuk pembinaan generasi muda khususnya pramuka yang berada dalam jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. Pramuka SIT berkomitmen untuk menghadirkan generasi muda yang memiliki ketaqwaan terhadap Allah yang terimplementasi dalam setiap ucapan dan perbuatan. Dalam mewujudkan cita-cita mulia tersebut, pangkalan SMA IT Al-Hikmah Blitar mengadakan Kemah Ukhuwah Daerah (Kemda) “Progressio”.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta anggota pramuka penggalang dari kabupaten/ kota Blitar ini dibuka resmi oleh Ketua Sako PSIT Jatim, Kak Setija Winarko dalam upacara pembukaan yang digelar di lapangan dusun Sumberagung, desa Tlogo, kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar, Kamis (22/2/2018). “Blitar adalah sebuah kota kecil di Jawa Timur yang memiliki potensi luar biasa, baik sumber daya alamnya maupun sumber daya manusianya. Banyak tokoh-tokoh nasional yang lahir dari bumi Patria ini. Oleh karena itu, kita berharap akan lahir dari sini pemimpin-pemimpin nasional yang siap memimpin republik ini dalam mewujudkan mimpi-mimpi besar bangsa Indonesia yang sempat terhenti”, kata kak Win, dalam sambutan nya saat upacara pembukaan Kemda “Progressio”. Lebih lanjut beliau menyampaikan, dari Kemda “Progressio” ini akan menjadi embrio dan berkembang ke daerah-daerah lain dan akan lahir pramuka-pramuka garuda yang siap berterbangan dan menyebarkan dakwah serta kebaikan untuk masyarakat, saat nya Pramuka SIT memberikan kontribusi untuk negeri.

Selain dihadiri ketua SAKODA PSIT JATIM, upacara pembukaan juga dihadiri Korda Blitar Raya sekaligus ketua majelis pembina SAKOCAB PSIT Blitar dan dimeriahkan oleh beberapa tampilan seni, diantaranya tari Saman yang dibawakan oleh gudep putri SDIT Al-Hikmah, lagu daerah Yamko Rambe Yamko lengkap dengan tarian khas provinsi Papua ditunjukkan oleh pramuka penggalang dari gudep SMP Alam Al-Ghifari. Tampilan ditutup dengan atraksi bela diri oleh pramuka penegak dari gudep putra SMA IT Al-Hikmah Blitar.

Kemah ukhuwah ini, bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan dan keterampilan. Selain itu juga bertujuan agar peserta kemah memiliki komitmen terhadap penghayatan serta pengamalan kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka.

Sebelumnya, ketua panitia Ahmad Ifan Wahyu Prasetyo, mengatakan bahwa kegiatan kemah ukhuwah yang berlangsung selama tiga hari 22 - 24 Februari 2018, akan lebih menekankan pada sisi religiusitas, seperti salat qiyamul lail berjamaah, membaca Al-Qur’an setiap harinya. Sedangkan untuk kegiatan lainnya mengacu pada kegiatan-kegiatan kepramukaan pada umumnya yang edukatif dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang. Selain itu juga ada pelantikan penggalang Ramu, Rakit dan Terap atas pencapaian serta kelulusan SKU dan SKK. Pengembangan diri para peserta akan diasah dalam setiap kegiatannya, meliputi bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. “Harapannya nanti akan lahir pribadi-pribadi yang tangguh, tangkas, teguh dan memiliki semangat rela berkorban, ikhlas serta pantang menyerah”, ujarnya. Dengan diselenggarakan perkemahan ini, SIT ikut andil dan berperan aktif dalam ikut membangun Blitar dalam bentuk pembinaan generasi muda melalui wadah Gerakan Pramuka. “Semoga apa yang diperoleh dalam kegiatan ini, para peserta bisa menjadi pelopor serta motivator dalam kehidupan di lingkungan gugus depan maupun dilingkungan masyarakat”, imbuhnya.